PROFIL MA SUMBER BUNGUR PAKONG

SEJARAH MA

Dari tahun ke tahun Alumni MTs Negeri kira-kira 70% tidak melanjutkan kependidikan lanjutan menengah, karena situasi dan kondisi Masyarakat Pakong dan sekitarnya tergolong ekonominya menengah kebawah untuk membenahi siswa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, atas musyawarah dan kesepakatan tokoh Masyarakat dan tokoh Pendidikan masyarakat Pakong maka didirikannya lembaga-lembaga satu-satunya pendidikan menengah di Kecamatan Pakong adalah Madrasah Aliyah yang bernaung pada Yayasan Pendidikan Islam Sumber Bungur Pakong (YASPI). Pada tahun ajaran 1988/1989. Semula ruangan belajar menumpang pada MTsN selama 3 tahun dengan masuk sore hari. Karena dari tahun ketahun siswa membengkak, maka tahun 1996 sudah menempati gedung sendiri atas swadaya Masyarakat, sehingga pada tahun 2000 sudah memiliki ruang belajar sebanyak 10 (sepuluh) local dan sampai sekarang tahun 2021 sudah memiliki ruang belajar sebanyak 24 (Dua Puluh Empat) lokal.

Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong pada tahun 1988 sampai 1990 dipimpin oleh Bapak Drs. Jufri Wahyuni dimana dimasa kepemimpinan beliau madarasah masih memiliki tiga kelas pokok yakni kelas X, XI, dan XII masing-masing satu kelas. Kemudian pada tahun 1990 sampai 2006 madrasah dipimpin oleh Bapak H. Moh. Anwar, pada masa kepemimpinan beliau madrasah mengalami pengembangan jumlah kelas yakni masing-masing ada 2 kelas IPS dan 1 kelas IPA, kemudian dimasa kepemimpinan Drs. Moh. Romli pada tahun 2006 sampai 2018 madrasah mengalami penambahan kelas masing-masing 4 kelas  ruang kelas, yakni 4 kelas MIPA dan 4 kelas IPS, dilanjutkan dipimpin oleh Farhat S.Pd pada tahun 2018 sampai 2020 dan dilanjutkan oleh Achmad Muchlis, S. Pd dari tahun 2020 sampai 2021, kemudian dilanjutkan oleh Zainullah, S.E, M.Pd dari tahun 2021 sampai sekarang,  dan Alhamdulillah mulai tahun 2021 madrasah mendapat ijin penyelenggaraan layanan SKS (system kredit semester).

 

PROFIL MADRASAH ALIYAH SUMBER BUNGUR

 

  1. INDENTITAS MADRASAH

 

Nama Madrasah                                   : Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong

NSM                                                        : 131235280054

NPSN                                                       : 20584415

Nomor Telp/Fax                                   : –

Alamat                                                    : Jl. Ponpes Sumber Bungur Pakong

Kecamatan                                             : Pakong

Kabupaten                                             : Pamekasan

Propinsi                                                  : JawaTimur

Kode Pos                                                : 69352

Alamat Website                                    : masumberbungur.sch.id

E-mail                                                      : info@masumberbungur.sch.id

Akreditasi                                               : A

Tahun Berdiri                                        : 1988/1989

Program Yang Diselenggarakan         : MIPA dan IPS, SKS, Boarding School

VISI, MISI, DAN TUJUAN

 

  1. VISI
  • Berakhlakul karimah, kompetisi dalam prestasi serta terampil dan mandiri

 

  1. MISI
  • Menumbuhkembangkan nilai-nilai akhlakulkarimah di lingkungan madrasah.
  • Meningkatkan prestasi peserta didik melalui pembelajaran dan bimbingan, serta peran aktif pada kompetisi-kompetisi tingkat lokal, nasiona lmaupun internasional.
  • Memberikan bekal keterampilan sehingga menjadi pesertadidik yang kreatif terampil dan mampu hidup secara mandiri.
  • Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pengembangan diri yang terancana dan berkesinambungan.

 

  1. TUJUAN UMUM

Mengahasilkan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah, berakhlakul karimah, kompeten dibidang ilmu pengetahuan dan berdaya saing

  1. TUJUAN KHUSUS

Menghasilkan peserta didik yang:

  1. Beriman dan bertaqwa kepada Allah serta berakhlakul karimah
  2. Berkepribadian, cerdas, berkualitas dan berprestasidi bidang Akademik dan Non Akademik
  3. Memiliki keterampilan teknologi informasi dan komunikasi serta mampu mengembangkan diri secara mandiri.
  4. Memiliki sikap kompetitif dan sportif.
  5. Mampu berfikir logis, kreatif, dan inovatif.
  6. Mampu bersaing dan melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.

 

PERIODE KEPALA DARI AWAL SAMPAI AKHIR

No Nama Priode Jabatan
1 Drs. Jufri Wahyuni 1988-1990
2 H. Moh. Anwar 1990-2006
3 Drs. Moh. Romli 2006-2018
4 Farhat, S. Pd 2018-2020
5 Achmad Muchlis, S. Pd 2020-2021
6. Zainullah, S.E, M.Pd 2021- sekarang

 

 

  1. KONDISI OBJEKTIF MADRASAH
    1. Tanah dan Bangunan
  • Luas Tanah               : 4998 m2
  • LuasBangunan         : 2800 m2
  • Status Tanah             : Sertifikat

 

  1. Data Siswa dan Tamatan 3 tahun terakhir

 

Tahun Ajaran Kelas X Kelas XI Kelas XII Jumlah
Jml

Siswa

Jml Rombel Jml

Siswa

Jml Rombel Jml

Siswa

Jml Rombel Jml

Siswa

Jml

Rmbel

2019/2020 254 8 230 8 210 8 694 24
2020/2021 159 8 245 8 227 8 631 24
2021/2022 209 8 161 8 247 8 617 24

 

  1. Data Sarana Prasarana
No Jenis Prasarana Jumlah ruang Jumlah ruang kondisi baik Jumlah ruang kondisi rusak Kategori kerusakan
Rusak Ringan Rusak Sedang Rusak Berat
1 Ruang  Kelas 24 24
2 Perpustakaan 1 1
3 R. Lab. Kesenian 1 1
4 R. Lab. Biologi 1 1
5 R. Lab. Fisika 1 1
6 R. Lab. Kimia 1 1
7 R. Lab. Komputer 3 3
8 R. Lab. Bahasa 1 1
9 R. Lab. IPS 1 1
10 R. Pimpinan 1 1
11 R. Guru 1 1
12 R. Tata Usaha 1 1
13 R. Konseling 1 1
14 Tempat Beribadah 1 1
15 R. UKS 1 1
16 Gudang 1 1
17 R. Sirkulasi 1 1
18 Tempat Olahraga 1 1
19 R. Organisasi Kesiswaan 1 1
20 R. Lainnya

 

  1. Data Guru Menurut Mata Pelajaran
PERSONEL SEKOLAH STATUS JML
GT PNS GT YAS GTT
1 2 3 4 5
1. Kepala Sekolah 1 1
2. PPKn 1 2 3
3. Agama 6 1 7
a. Alqu’an Hadist 2 2
b. Fiqih 2 2
c. Aqidah Akhlak 2 2
d. SKI 1 1
4.Bahasa Arab 3 3
4. Bahasa dan Sastra 3 1 4
5. Bahasa Inggris 4 4
6. Sejarah 3 1 4
7. Pendidikan Jasmani 2 2
8. Matematika 4 1 5
9. MIPA
a. Fisika 3 3
b. Biologi 3 3
c. Kimia 2 2
10. IPS
a. Ekonomi 1 2 3
b. Sosiologi 2 2
c. Geografi 3 3
d. Sejarah Budaya 1 1
e. Tata Negara
f. Antropologi
11. Pendidikan Seni 1 1
12. Bahasa Asing
13. Bimbingan Konseling 5 5
14. Muatan Lokal 4 4
15. Kerajinan 1 1
16. Kejuruan
JUMLAH 1 59 8 67

 

  1. Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan
No Keterangan Jumlah
Pendidik
1 Guru PNS Diperbantukan Tetap 1
2 Guru Tetap Yayasan 60
3 Guru Honorer 0
4 Guru Tidak Tetap 0
Tenaga Kependidikan
1 Tata Usaha 6
2 Security 2
3 Pustakawan 2
4 Tukang Parkir 2
5 Tukang Kebun 2

 

  1. Jumlah dan Kondisi Buku Pelajaran
Jenis Buku Jumlah

(exp)

Keterangan
1 2 3
Buku Paket 11.701
Buku Penunjang 688
Buku Fiksi 123

 

  1. Fasilitas Lainnya
Jenis Jumlah Keterangan
Telepon 0
Scanner 3
Website 1
Listrik 4
Kapasitas 13000 Watt
13000 Watt
900 Watt
450 Watt
Sumur Bor 1

 

FASILITAS PENDUKUNG PEMBELAJARAN

Ruang Perpustakaan MA Sumber Bungur

Perpustakaan MA SUMBER BUNGUR  berdiri seiring  dengan berdirinya MA SUMBER BUNGUR yang berlokasi di jalan Pontren Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Gedung  Perpustakaan MA SUMBER BUNGUR semula menempati ruang kelas kosong yang terletak di tengah-tengah kelas lainya pada lantai 2 (Dua).

Seiring dengan perkermbangan MA SUMBER BUNGUR yang terus membangun dan berbenah, akhirnya pada tahun 2018 perpustakaan MA SUMBER BUNGUR  menempati  gedung baru seluas 15m X 5 m =75m2 yang terletak di lantai  dasar gedung sebelah selatan.

Semula pengelolaan perpustakaan MA SUMBER BUNGUR masih manual, muali dari pengolahan bahan pustaka, sirkulasi, sampai daftar pengunjung masih tercatat secara manual. Namun Alhamdulillah mulai tahun 2015 Perpustakaan MA SUMBER BUNGUR sudah menggunakan system OTOMASI, dan pada tahun 2020 sudah menerapkan perpustakaan digital, sehingga sebagian koleksi yang ada pada Perpustakaan MA SUMBER BUNGUR bisa di akses dariana saja dan kapan saja.

Fasilitas Ruang Perpustakaan Ma Sumber Bungur

  1. Luas ruangan 15m X 5 m =75m2
  2. Pendingin ruangan 3 buah kipas angin
  3. 5 unit computer: yang terdiri dari 1 unit komputer dan printer serta barcoderider  untuk server, 1 unit computer untuk opac, 1 unit computer dan barcode rider untuk daftar pengunjung, 2 unit computer untuk akses internet pemustaka.
  4. Audio Visual terdiri dari  1 buah smart TV ukuran 50’’, Perangkat VCD.
  5. Hot spot Area (wi –fi)
  6. Ruang baca terdiri dari 5 meja panjang, meja study karel (belajar mandiri dan lesehan)
  7. 7 buah rak koleksi buku, 1 buah rak koleksi digital

 

 

Visi Misi Perpustakaan

Visi 

Terwujudnya perpustakaan yang berkualitas sebagai wahana menuju masyarakat sekolah yang cerdas dan mampu bersaing.

Misi 

  1. Meningkatkan minat baca melalui pelayanan yang maksimal
  2. Melengkapi koleksi bahan pustaka untuk mencapai standart optimal
  3. Meningkatkan pengelolaan perpustakaan yang berbasis ict.
    1. Program Kerja Perpustakaan

Program Kerja Jangka Pendek

  1. Melaksanakan layanan perpustakaan yang ramah, mudah,  menarik, menyenangkan
  2. Menyelesaikan data administrasi perpustakaan secara tuntasmelalui program Otomasi
  3. Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan pemustaka
  4. Merawat dan memperbaiki bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak
  5. Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan : kartu buku, kantong, lebeling , katalog buku, kartu anggota dll.
  6. Penerbitan Surat Tanda Bebas Perpustakaan (STBP) bagi siswa sebagai syarat pengambilan ijazah.
  7. Meningkatkan budaya gemar membaca bagi warga  sekolah

Program Kerja Jangka Panjang

  1. Terciptanya ruang perpustakaan yang lebih  luas, nyaman,menyenangkan sehingga ada pembagian ruang untuk tiap kegiatan (ruang baca, ruang pengolahan, ruang koleksi)
  2. Kuantitas dan kualitas koleksi bahan pustaka  semakin bertambah dan judul lebih bervariasi
  3. Pelayanan  perpustakaan secara otomasi / Berbasis IT
  4. Realisasi kegiatan wajib baca  di perpustakaan sebagai kegiatan rutin sekolah
  5. Memotivasi warga sekolah untuk  peduli mewakafkan (menyumbang) buku –buku yang berkualitas  bagi perpustakaan
  6. Memanfaatkan beberapa sudut strategis lingkungan sekolah sebagai taman bacaan
  7. Mewujudkan perpustakaan mini di setiap kelas
  8. Mengadakan kegiatan pameran buku dan seni sebagai kegiatan tahunan dengan mengundang instansi lain.

 

Inovasi Layanan Yang Telah Dilakukan

  1. Layanan KBM di perpustakaan
  2. Program Wajib baca di perpustakaan (terjadwal)
  3. Program Wakaf Buku (warga sekolah dimotivasi untuk menyumbang buku)
  4. Pemberian Reward ada 2 kategori: Pengunjung teraktif, Peminjam teraktif.
  5. Taman bacaan atau kedai literasi
  6. Manajemen dan pelayanan menggunakan system otomasi dan sebagian koleksi sudah bisa di akses dalam bentuk digital.

Tata Tertib Pengunjung

  1. Mengisi daftar hadir yang telah disediakan menggunakan barcode yang tertera pada kartu anggota
  2. Pengunjung dilarang :
  3. membawa masuk tas, jaket atau yang sejenis ke dalam ruang baca perpustakaan
  4. membawa makanan dan minuman ke ruang baca perpustakaan
  5. memakai sandal jepit, topi ke dalam ruang perpustakaan
  6. Bersikap dan berpakaian sopan, menjaga ketertiban dan keamanan
  7. Bersedia mentaati semua peraturan yang berlaku di perpustakaan

Tata Tertib Peminjaman

  1. Peminjam membawa kartu anggota perpustakaan MA SUMBER BUNGUR
  2. Peminjam harus datang sendiri dan tidak boleh menggunakan kartu anggota orang lain.
  3. Peminjaman buku maksimal 4 buku
  4. Keterlambatan pengembalian buku dikenakan denda Rp 500,00 tiap buku per hari
  5. Peminjam yang menghilangkan atau merusakkan buku diharuskan mengganti dengan buku yang sama atau uang seharga buku itu

Laboratorium Komputer

  1. Sejarah

Laboratorium komputer berdiri pada tahun 2008 yang awal mulanya hanya satu ruang yang mana pada tahun tersubut masih menggunakan komputer tabung yang terdiri dari 20 unit

Seiring dengan perkembangan teknologi pada era industri 4.0 yang mana semuanya serba digital maka laboratoriom komputer MA SUMBER BUNGUR menyesuikan dengan era tersebut.

Pada sebelum tahun 2016 Ujian Nasional Sekolah masih menggunakan sistem KP (Kertas Pensil) untuk naungan kementrian agama kabupaten pamekasan dan pada 2017 kementerian agama kabupaten pamekasan ingin melaksanakan ujian nasional sekolah dengan berbasis komputer yang dikenal dengan sebutan UNBK (ujian nasional berbasis komputer)  sehingga laboratorium komputer berbenah yang awalnya menggunakan komuter tabung diganti semuanya menggunakan laptop sebanya 60 unit sebanyak 2 ruang

Pada tahun 2018 laboraorium komputer menambah 1 ruang dan menambah 30 unit seiring bertambahnya siswa MA SUMBER BUNGUR sehingga yang awalnya 2 ruang dengan 60 unit sekarang sudah menjadi 3 ruang 90 unit

Laboratorium komputer tidak hanya di gunakan dalam rangka UNBK saja akan tetapi pada ujian sekolah juga menggunakan komputer dan juga di gunakan untk les komputer dan bimbingan robotika dan kegiatan lainnya.

Fasilitas Laboratorium Komputer MA Sumber Bungur

  1. 3 ruang laboratorium komputer
  2. Rung 1 dengan Luas ruangan 15 m x 5 m =75 m2
  3. Rung 2 dengan Luas ruangan 8 m x 8 m =64 m2
  4. Rung 3 dengan Luas ruangan 8 m x 8 m =64 m2
  5. 1 unit server setiap ruangan
  6. 30 unit laptop setiap ruangan
  7. 40 unit meja dan kursi pada ruang 1
  8. 36 unit meja dan kursi pada ruang 2
  9. 40 unit meja dan kursi pada ruang 3
  10. 2 unit hub switch pada setiap ruangan
  11. Pendingin ruangan pada ruang 1 3 unit kipas angin
  12. Pendingin ruangan pada ruang 2 2 unit kipas angin
  13. Pendingin ruangan pada ruang 3 1 unit kipas angin

 

Visi Misi Laboratorium Komputer

Visi 

Terwujudnya peserta didik yang trampil dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi  yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keilmuan.

 

Misi 

  1. Memberikan pelayanan bagi para pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran TIK.
  2. Membantu pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan dan ketrampilan menguasai tehnologi
  3. Memberdayakan tehnologi yang ada untuk memperoleh informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keilmuan.

 

Program Kerja Laboratorium Komputer

 

NO JENIS KEGIATAN SASARAN YANG INGIN DI CAPAI
1 Penyusunan pedomana dan program kerja Dalam pelaksanaan kegiatan dapat terencana dan sistematis
2 Penyusunan jadwal penggunaan laboratorium komputer Dengan adanya jadwal kegiatan penggunaan laboratorium dapat dilaksanaakan lebih terstruktur dan lebih optimal untuk setiap pelaksanaan praktikum
3 Pendataaan inventaris laboratorim komputer Mengetahui data alat, bahan, dan barang yang ada di laboratoriumdan instansi yang berkepentingan
4 Perawatan komputer Perawatan ini meliputi

1.     Kebersihan lab. Komputer

2.     Kebersihan komputer secara umum

3.     Pengecekan perangkat lunak dan perangkat keras

5 Mengadakan belajar tambahan (kursus komputer) khusus siswa MA SUMBER BUNGUR Memberikan kesempatan bagi siswa untk lebih bisa mendalami penggunakaan dan aplikasi komputer sesuai dengan kebutuhan.

Meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan teknologi dan informasi.

6 Pengenalan umum komputer dan aplikasi komputer bagi siswa Siswa mampu mengenali dan mampu mengoperasikan komputer dan memahami fungsi dan kegunaan aplikasi komputer
7 Pelatihan pemanfaatan media pembelajaran Guru dapat menggunakan media pembelajaran dengan baik

 

Tata Tertib

Bagi Guru

  1. Sebelum menggunakan Laboratorium, Periksalah terlebih dahulu seluruh peralatan, pastikan dalam kondisi baik.
  2. Letakkan peralatan yang sudah digunakan ke tempat semula.
  3. Isilah Daftar Kunjungan laboratorium Komputer.
  4. Sebelum meninggalkan ruangan, pastikan Power sudah dimatikan.

 

Bagi Peserta Didik

  1. Meamasuki ruangan dengan tertib dan tidak memakai alas kaki.
  2. Gunakan Peralatan Laboratorium Komputer sesuai petunjuk dan arahan guru.
  3. Dilarang mencoret-coret Laboratorium.
  4. Wajib Menjaga kebersihan Laboratorium.
  5. Jika Sudah Selesai, letakkan peralatan laboratorium pada tempatnya.
  6. Ketua kelas menanda tangani daftar kunjungan.
  7. Peserta Didik meninggalkan ruang dengan tertib.

 

Ruang Kelas

Ruang kelas di Madrasah Aliyah Sumber Bungur dibangun senyaman mungkin sehingga selama proses belajar mengajar berlangsung siswa merasa nyaman dan tidak pengap. luas bangunannya minimal 6m x 7m dengan memanjang kesamping.

Sedangkan banyaknya kelas adalah 24 kelas,masing-masing jenjang sebanyak 8 kelas yaitu kelas XII terdiri dari 8 kelas, kelas XI terdapat  8 Kelas , Kelas X juga 8 kelas. Kelas-kelas tersebut sudah dilengkapi dengan beberapa alat untuk menunjang proses belajar mengajar berlangsung yaitu  14 kelas dilengkapi LCD proyektor , 2 kelas dilengkapi dengan LCD Proyektor dan TV SMART yang terhubung dengan Wifi Madrasah.

Kedai Literasi dan Pojok Literasi

Kedai literasi adalah ruangan semi terbuka dengan luas 21 m2. Sesuai dengan namanya “Kedai Litersai” diruangan ini terdapat menu makanan ringan dan minuman yang berisi informasi tentang komposisi makanan dan minuman tersebut, kandungan gizi dan manfaat bagi kesehatan tubuh sehingga siswa diharapkan bisa membaca dan mendapatkan informasi bahan dan kandungan gizi yang terdapat dalam menu tersebut. Menu-menu yang disediakan dikedai literasi ini adalah murni produk siswa Madrasai Aliyah Sumber Bungur dengan menggunakan bahan-bahan alami tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan.

Selain itu ruangan ini juga terdapat buku-buku umum dan media cetak seperti majalah dan koran. Koran-koran yang ada diruangan ini adalah koran yang selalu terbaru, karena Madrasah Aliyah Sumber Bungur  bekerjasama dengan agen koran terdekat. Diharapkan siswa mampu mendapatkan informasi dan berita tentang dunia luar yang selalu update terutama siswa yang tinggal di Asrama dan Pondok Pesantren.

Selain ruangan ini nyaman untuk bersantai sambil membaca, ruangan ini juga nyaman digunakan untuk proses belajar mengajar karena ruangan luas dan semi outdor.

Untuk meningkatkan minat baca siswa-siswi Madrasah Aliyah Sumber Bungur, kami tidak hanya menyediakan kedai Literasi tapi juga menyediakan “Pojok Literasi”.

Pojok Literasi ini adalah tempat duduk memanjang yang ada di depan  kelas dan dibawah pohon rindang yang ada di halaman Madrasah. Pojok literasi ini terdapat “BARCODE” link buku dan berita tentang kegiatan Madrasah,  BARCODE tersebut berisi link yang sinkron dengan perpustakaan digital Madrasah dan Tim Publish Madrasah Aliyah Sumber Bungur.

Diharapkan dengan adanya Barcode tersebut bisa mempermudah siswa dalam mencari referensi baik berupa mudul atau BTP selama KBM berlangsung.

Laboratorium Kimia

Laboratorium Kimia MA Sumber Bungur awalnya merupakan Laboratorium IPA yaitu gabungan dari tiga mapel IPA (Biologi, Fisika, dan Kimia) yang menempati ruangan di lantai 2 pojok kanan Gedung MA Sumber Bungur sebelah utara.

Perubahan kurikulum MA Sumber Bungur pada tahun 2018 menjadi cikal bakal terbentuknya Laboratorium Kimia secara mandiri (terpisah dari laboratorium Biologi dan Laboratorium Fisika) dan menempati ruangan baru MA Sumber Bungur yang berada di gedung utara sebelah timur lantai 3 dengan luas ruangan  6m x 7m= 42 m2  yang memiliki  kapasitas daya tampung kurang lebih 30 orang.

Laboratorium Kimia akan terus berusaha untuk melakukan perkembangan sistem pelayanan mulai dari proses peminjaman ruangan, pengadaan alat dan bahan, peminjaman alat-alat kimia serta penggunaan bahan-bahan kimia dengan tujuan agar proses pembelajaran di laboratorium menjadi lebih kondusif dan terstruktur.

Fasilitas Ruang Laboratorium Kimia

  1. Ruangan 6m x 7m (Kapasitas 30 orang)
  2. Alat dan bahan kimia
  3. Jas Laboratorium untuk siswa
  4. Meja dan kursi siswa

Meja dan kursi dalam ruang laboratorium kimia terbagi menjadi dua deretan, dalam satu deretan terdapat dua meja dan 13 kursi untuk praktikan (siswa) yang terbentuk secara melingkar.

  1. APAR (Alat Pemadam Api Ringan)
  2. Kotak P3K

 

Visi Misi Laboratorium Kimia

Visi 

Menjadikan laboratorium kimia sebagai laboratorium yang handal dalam melayani kegiatan pendidikan, penelitian dan pengembangan di bidang kimia.

Misi 

  1. Sebagai wadah untuk melakukan penerapan teori dan pengamatan khususnya dalam bidang kimia
  2. Meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran kimia
  3. Menyiapkan lulusan yang berkompetensi dalam bidang kimia secara global

Program Kerja Laboratorium Kimia

Program Kerja Jangka Pendek

  1. Menyusun jadwal kegiatan praktikum sesuai jadwal harian
  2. Memberikan pelayanan yang ramah dan terstutruktur (sesuai jadwal dan ketentuan)
  3. Menyusun anggaran kebutuhan laboratorium
  4. Menyediakan dan melengkapi alat dan bahan sesuai kebutuhan praktikum
  5. Membuat aturan keselamatan kerja laboratorium secara tertulis
  6. Membuat papan nama alat dan bahan laboratorium
  7. Membuat buku panduan praktikum (modul)
  8. Membuat laporan kegiatan praktikum sesuai judul praktikum yang dilaksanakan

Program Kerja Jangka Panjang

  1. Pengadaan alat dan bahan kimia yang lebih lengkap
  2. Terciptanya ruang laboratorium yang lebih  luas dan lebih nyaman.
  3. Penataan ruang yang lebih menarik dan menyenangkan
  4. Memberikan pelatihan terhadap penggunaan alat kebakaran/Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
  5. Melakukan peemeliharan alat dan bahan kimia berdasarkan sifat dan karakteristik alat dan bahan agar lebih tahan lama.
  6. Mengadakan kegiatan pameran (eksperimen kimia) sebagai kegiatan tahunan.

Tata Tertib Pengunjung

Tata tertib yang harus ditaati oleh setiap pengunjung yang akan melakukan kegiatan praktikum di laboratorium kimia meliputi;

  1. Berlaku sopan dan santun serta menjaga etika didalam laboratorium kimia, baik terhadap staf laboratorium, guru maupun sesama pengguna
  2. Menjaga kebersihan dan kenyamanan ruang
  3. Siswa tidak diperbolehkan melakakun kegiatan praktikum apabila mengenakan kaos oblong, memakai sandal, tidak memakai jas/pakaian
  4. Peserta praktikum dilarang merokok, makan dan minum, serta membuat kericuhan selama kegiatan praktikum di dalam laboratorium.
  5. Dilarang mengambil dan menggunakan peralatan di laboratorium yang tidak sesuai dengan kegiatan praktikum yang dilaksanakan.
  6. Membersihkan peralatan yang telah digunakan dalam kegiatan praktikum dan mengembalikannya pada tempat semula.
  7. Membersihkan sisa praktikum pada setiap meja dan washtafel tempat bekerja.
  8. Membaca dan memahami serta mengikuti prosedur operasional untuk setiap peralatan dan kegiatan selama praktikum di ruang laboratorium kimia.
  9. Bila terjadi kerusakan terhadap alat,maka wajib mengganti kerusakan komponen alat dengan spesifikasi yang setara.
  10. Selama kegiatan praktikum, TIDAK BOLEH menggunakan handphone atau alat-alat elektronik lainnya yang tidak berkenaan dengan kegiatan praktikum

Laboratorium Biologi

Laboratorium Biologi adalah tempat/gedung atau ruangan di Madrash Aliyah Sumber Bungur yang digunakan untuk pelayanan akademis terutama pelayanan praktikum dan kegiatan lain yang berhubungan dengan peningkatan dan pengembangan madrasah. Ruang Laboratorium mampu menampung hingga 40 siswa. Laboratorium dipimpin oleh seorang Kepala Laboratorium yang di dalamnya terdiri dari beberapa Staf Guru Mata Pelajaran Biologi sebagai anggota laboratorium Praktikum di Laboratorium Biologi diperuntukkan bagi siswa kelas peminatan IPA dan IPS kelas X, XI dan XII. Ketersedian alat dan bahan praktikum di Laboratorium Biologi sudah memadai, meliputi mikroskop, torso, larutan kimia, preparat serta alat dan bahan penunjang kegiatan praktikum lainnya. Semua bentuk kegiatan yang dilakukan di Laboratorium Biologi terstruktur sesuai jadwal yang disepakati oleh guru mata pelajaran biologi.

Fasilitas Laboratorium Biologi

  1. Luas ruangan = 3 x 5 meter
  2. Pendingin ruangan 2 buah kipas angin
  3. Bangku dan kursi untuk 40 siswa
  4. 4 buah lemari penyimpanan
  5. alat-alat penunjang praktikum berupa mikroskop, torso, respiratori dan lain lain. bahan penunjang praktikum berupa larutan kimia
  1. alat-alat kebersihan

 

Visi Misi

Visi :

Laboratorium biologi yang unggul dan terdepan dalam pembelajaran dan penelitian biologi yang berbasis ketakwaan, keilmuan, dan teknologi

Misi :

Menyelenggarakan administrasi Laboratorium Biologi yang baik dan tertib setiap tahunnya.

Pengadaan sarana dan prasarana Laboratorium Biologi secara kontinyu untuk meningkatkan layanan praktikum dan penelitian

Menyelenggarakan layanan penelitian dan pengembangan karya ilmiah bagi peserta didik dan guru.

Program Kerja Laboratorium Biologi

Perencanaan Jangka Pendek

  1. Melengkapi prosedur operasional yang standar baik kelengkapan penuntun praktikum,penggunaan alat dan keamanan pengguna laboratorium serta prosedur operasional–lainnya yang menunjang
  2. Memfasilitasi ketersediaan alat dan bahan yang diperlukan untuk praktikum dan penelitian
  3. Merawat dan memperbaiki alat penunjang kegiatan praktikum dan penelitian
  4. Peningkatan manajemen internal tentang efektivitas dan produktivitas kinerja struktural laboratorium dalam pelayanan praktikum dan penelitian

Perencanaan Jangka Panjang

    1. Pengembangan kualitas staf laboratorium yang diversifikatif untuk memperkuat visi dan misi Laboratorium Biologi
    2. Pengembangan kualitas guru mata pelajaran untuk menunjang kelancaran praktikum dan penelitian
    3. Peningkatan kualitas dan kuantitas peralatan yang menunjang praktikum dan penelitian

Tata Tertib Pengunjung

  1. Tata Tertib Siswa
  2. Siswa tidak diperkenankan masuk ke ruang Laboratorium tanpa seijin guru/laboran.

Siswa tidak diperkenankan membawa makanan/ minuman ke ruang Laboratorium, kecuali untuk praktikum.

  1. Siswa dilarang makan dan minum di ruang Laboratorium.
  2. Siswa tidak diperkenankan membawa alat-alat/bahan praktikum ke luar ruangan Laboratorium tanpa seijin guru/laboran
  3. Siswa dilarang mencorat-coret bangku/ ruang laboratorium.
  4. Alat-alat/ bahan praktikum harus digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan atau sesuai anjuran guru.
  5. Dalam melakukan praktikum, hendaknya digunakan bahan yang seminim mungkin/ secukupnya
  6. Siswa wajib menyiapkan dan memakai peralatan proteksi diri; seperti jas laboratorium, masker, kacamata pelindung, dan sarung tangan.
  7. Siswa dilarang bermain di dalam laboratorium, dilarang melakukan percobaan/eksperimen sendiri tanpa sepengetahuan guru.
  8. Jika dalam praktikum siswa merusakkan/ memecahkan alat, maka yang bersangkutan wajib menggantinya sesuai dengan ketentuan yang tertulis dalam SOP (Standart Operating Procedures) Kerusakan Pemakaian Peralatan Laboratorium dan Glassware.
  9. Jika dalam praktikum terjadi kecelakaan (kena pecahan kaca, terbakar, tertusuk, tertelan bahan kimia) harap segera melapor kepada guru/laboran.
  10. Label bahan kimia yang rusak/hilang harap segera dilaporkan kepada guru/laboran.
  11. Jagalah kebersihan dan buanglah sampah pada tempatnya. Dilarang membuang sampah padat ke wastafel.
  12. Setelah selesai praktikum, alat-alat/bahan hendaknya dikembalikan ke tempat semula dalam keadaan lengkap, bersih dan siap pakai. Kebersihan alat/glassware adalah tanggung jawab siswa dibawah pengawasan guru dan laboran.
  13. Sebelum meninggalkan ruang Laboratorium, meja praktikum harus dalam keadaan bersih dan kering, kursi diletakkan rapi/ditata di tempat semula, kran air dan gas ditutup rapat, kontak listrik dicabut
  14. Tata Tertib Guru
  15. Guru wajib mengisi jurnal praktikum dan daftar kehadiran peserta didik
  16. Guru harus selalu mengawasi siswa yang sedang melakukan percobaan/praktikum, dan tidak sekali-kali meninggalkannya.
  17. Guru harus mampu menguasai penggunaan alat/ bahan praktikum dengan benar.
  18. Guru harus dapat menguasai dengan penuh disiplin siswa di ruang laboratorium.
  19. Guru harus tahu dan paham bahwa siswanya mengerti tata-tertib dan melaksanakan tata tertib tersebut dengan baik.
  20. Guru harus selalu menjaga kebersihan ruang alat dan bahan praktikum dan membuang sampah pada tempatnya
  21. Alat-alat dan bahan yang digunakan untuk praktikum hendaknya disiapkan sebelumnya dalam keadaan siap pakai.
  22. Guru selalu memberikan petunjuk penggunaan alat/ bahan kepada siswanya.
  23. Guru selalu memberikan peringatan/perhatian kepada siswanya jika mungkin dapat menimbulkan bahaya dalam melakukan praktikum.
  24. Guru selalu memberikan peringatan/perhatian tentang sesuatu yang perlu mendapat perlakuan khusus.
  25. Guru harus menguasai prosedur keselamatan kerja dalam laboratorium, termasuk harus dapat menguasai penggunaan alat pengaman (pemadam kebakaran, kotak PPPK, kontak listrik, dll).
  26. Guru wajib mengawasi siswa dalam membersihkan apparatus/glassware, memastikan semua apparatus/glassware bersih setelah dipakai dan ditata rapi di tempat semula.
  27. Guru bertanggung jawab atas kelengkapan alat/bahan, jangan sampai hilang/rusak/ pecah,
  28. Selesai praktikum, ruangan laboratorium harus dalam keadaan bersih, kran air dan gas ditutup rapat, kontak listrik dicabut
  29. Tata Tertib Peminjaman

Tata Tertib Peminjaman Alat

  1. Peminjaman alat laboratorium maksimum satu hari sebelum pelaksanaan dengan cara :
    1. mengisi formulir peminjaman alat
    2. formulir peminjaman yang telah diisi kemudian diserahkan ke Kepala Laboratorium untuk disetujui.
  2. Peminjaman alat harus diketahui Kepala Laboratorium.
  3. Peminjaman alat-alat laboratorium tidak diperkenankan melebihi 3 hari kecuali untuk keperluan pengembangan madrasah yang sudah disetujui kepala madrasah.
  4. Pengembalian alat-alat harus dalam keadaan bersih, baik dan lebgkap.
  5. Alat-alat yang dipinjam harus dikembalikan ke staf laboratorium.
  6. Apabila alat-alat yang dipinjam rusak/hilang, maka peminjam wajib menggantinya dengan alat yang sama atau mengganti dengan uang sejumlah harga alat tersebut.

Laboratorium Fisika:

Laboratorium fisika merupakan salah satu laboratorium IPA yang dimiliki oleh MA Sumber Bungur Pamekasan memiliki luas 6m x7m = 42 M2 dan terletak di bangunan bagian utara lantai 3. Laboratorium fisika dipergunakan untuk kegiatan praktikum dan memiliki kapasitas sekitar 35 siswa. Semula Alat dan bahan yang disediakan laboratorium di MA Sumber Bungur kurang memadai, pada tahun 2015 alat-alat tersebut mulai ditambah sehingga cukup memadai untuk melakukan kegiatan praktikum diantaranya KIT optika, KIT Mekanika, dan KIT Listrik. Laboratorium fisika diampu oleh tiga guru mapel fisika yaitu, Siti Aisyah, M.Pd, Siti Maisura, S.Pd dan Hendri Kurniawan, S.Si. Saat ini laboratorium Fisika juga dilengkapi dengan komputer dalam rangka pengembangan eksperimen berbasis komputer salah satunya untuk mengakses media Physics Education and Technology (PhET) yang sudah diterapkan sejak tahun 2019. Laboratorium fisika  merupakan sarana penting untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran di MA Sumber Bungur Pamekasan agar siswa dapat lebih berpikir kritis melalui praktikum. Selain untuk praktikum, Laboratorium Fisika sangat dimanfaatkan oleh siswa untuk melakukan kegiatan aeromodelling sehingga pesawat aeromodelling yang sering digunakan siswa untuk mengikuti lomba juga terdapat didalam laboratorium fisika.
1. Fasilitas Ruang Perpustakaan Ma Sumber Bungur

  • Luas ruangan 6m x 7m = 42 m2
  • Pendingin ruangan 1 buah kipas angin
  • 5 unit computer
  • LCD
  • Hot spot Area (wi –fi)
  • 3 buah rak tempat alat-alat
  • Wastafel tempat mencuci tangan
  • Jas Lab/Lab Coat
  • P3K

 

Visi dan Misi Laboratorium Fisika MA Sumber Bungur

VISI:

Mewujudkan Laboratorium Fisika MA SUMBER BUNGUR sebagai sarana bagi siswa dan guru dalam proses pembelajaran melalui praktikum/penelitian, untuk meningkatkan pengetahuan guru dan siswa agar menghasilkan lulusan yang bermutu dan berkompeten dalam bidang pendidikan fisika.

MISI:

  1. Menciptakan suasana lingkungan laboratorium Fisika yang aman dan nyaman.
  2. Memberikan pelayanan pendidikan kepada siswa dengan mutu setinggi mungkin.
  3. Melengkapi sarana dan prasarana laboratorium Fisika secara kontinyu untuk meningkatkan layanan praktikum Fisika, baik dalam proses pembelajaran maupun penelitian.
  4. Meningkatkan layanan laboratorium sebagai pusat kegiatan penunjang akademik/praktikum, penelitian dan pengujian bidang pendidikan fisika.

Program Kerja Laboratorium Fisika

Program Kerja Jangka Pendek

  1. Melaksanakan layanan laboratorium fisika aman, bersih dan tertib
  2. Menyelesaikan data administrasi Laboratorium secara kontinyu
  3. Menyediakan dan melengkapi fasilitas laboratorium secara berkala sesuai kebutuhan
  4. Merawat dan memperbaiki alat dan bahan laboratorium agar tahan lama dan tidak cepat rusak
  5. Menerbitkan administrasi Laboratorium fisikan yaitu kartu peminjaman alat-alat lab
  6. Meningkatkan budaya meneliti tentang sains terutama fisika bagi warga  sekolah

Program Kerja Jangka Panjang

  1. Terciptanya ruang perpustakaan yang lebih  luas, nyaman,menyenangkan sehingga ada pembagian ruang untuk tiap
  2. Mengadakan kegiatan pameran Taman Sains sebagai kegiatan tahunan dengan mengundang instansi lain.
  3. Memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler aeromodelling agar lebih aktif dan semakin berprestasi.

Tata Tertib Laboratorium Fisika

Tata Tertib Guru

  1. Merencanakan proses pembelajaran di dalam lab yang berkualitas, terencana, sistematik, aman dan
  2. Membimbing dan mengawasi proses belajar mengajar siswa yang berbasispraktikum/demonstrasi di dalam lab agar sesuai dengan tujuan yang telah
  3. Mengajukan daftar alat/bahan yang diperlukan dalam praktikum selambat-lambatnya dua hari sebelum praktikum
  4. Mencoba terlebih dahulu praktikum yang akan dilakukan oleh
  5. Mempunyai pengetahuan dalam P3K, perawatan alat/bahan, keselamatan kerja dan pengolahan
  6. Mengetahui dan yakin jika siswa sudah memahami aturan keselamatan, tata tertib dan prosedur praktikum.
  7. Menjamin kebersihan dan penyimpanan alat/bahan yang telah dipakai dalam praktikum.
  8. Melaporkan pada laboran jika ada alat/bahan yang rusak, tumpah atau hilang.
  9. Dilarang menyerahkan tugas membimbing dan mengawasi kegiatan praktikum kepada pihak lain.
  10. Dilarang membawa alat dan bahan keluar lab. Tanpa seizin laboran.

 

Tata TertibLaboran

  1. DatangsetiaphariSenin-Jumat jam 07.00 sampai jam 13.00 danSabtu jam 07.00 sampai jam 12.00.
  2. Dilarangmembawaalatdanbahankeluar lab. tanpaseizinkoodinator lab.
  3. Menyusun rencana strategis untuk melengkapi dan mengisi pokok-pokok administrasi lab yang telah digariskan.

Tata Tertib Siswa

  1. Siswa dilarang masuk kedalam ruang laboratorium tanpa seizin dari guru atau staf laboratorium
  2. Siswa wajib menggunakan jas lab dan peralatan keselamatan standar lainnya ketika akan melakukan praktikum di dalam lab.
  3. Mengisi daftar hadir
  4. Dilarang membawa alat dan bahan keluar lab. Tanpa seizin laboran.
  5. Menggunakan alat dan bahan sesuai dengan petunjuk yang ada di LKS dan dilarang menggunakan alat dan bahan diluar petunjuk kecuali dengan tujuan khusus dan dengan pengawasan guru yang bersangkutan.
  6. Siswa segera melapor kepada guru/laboran jika ada alat yang rusak atau bahan yang tumpah.
  7. Melapor kepada guru jika terjadi kecelakaan pada saat melakukan praktikum.
  8. Siswa dilarang makan dan minum di dalam lab.
  9. Siswa dilarang membawa tas, dompet dan peralatan telekomunikasi kedalam lab.
  10. Siswa dilarang melakukan praktikum diluar pengawasan guru.
  11. Setelah selesai melakukan praktikum alat harus dikembalikan ketempatnya dan ruangan laboratorium dalam keadaan bersih semua.

Sanksi Bagi Pelanggar Tata Tertib

  1. Pihak yang melanggar tata tertib dibagi kedalam tiga kriteria:
  2. Pelanggaranringan: melanggar tata tertib karena lupa/tidak disengaja. Seperti: tidak memakai jas lab, membawa alat komunikasi kedalam lab, dll.
  3. Pelanggaran   sedang:   melanggar   tata   tertib   dengan   disengaja   sehingga   dapat menyebabkan kerusakan. Contoh: menumpahkan zat, masuk kedalam lab. Tanpa izin, dll.
  4. Pelanggaran berat: melanggar tata tertib dengan disengaja sehingga dapat  menyebabkan kerusakan dan kecelakaan.

Contoh: melakukanpraktikum di luarprosedur, bermain-main dengan alat dan bahan praktikum, merusak alat praktikum karena kecerobohan, dll.

Sanksi bagi pelanggar pemakaian lab. FISIKA dibagi kedalam tiga kriteria:

  1. Pelanggaranringan: mendapat teguran.
  2. Pelanggaran sedang: mendapat teguran dan dibebankan biaya penggantian alat/bahan yang rusak.
  3. Pelanggaran berat: mendapat teguran, dibebankan biaya penggantian alat/bahan yang rusak dan pemanggilan orang tua.

Laboratorium Bahasa

Laboratorium Bahasa merupakan salah satu penunjang pembelajaran yang dimiliki MA Sumber Bungur Pakong, Laboratorium Bahasa memilikiperan strategis untuk memberikan pelayanan dibidang kebahasaan kepada warga madrasah seperti siswa dan Guru khususnya di MA Sumber Bungur.

Laboratorium Bahasa di MA Sumber Bungur terdiri dari satu ruang yang menempati Gedung selatan lantai dua. Kapasitas ruangan mencapai 60 siswa. Adapun alat/sarana yang ada di dalamnya yaitu; 60 meja dan tempat duduk, 60 sound Lab, 2 televisi berukuran 21m, 1 paket control audio, 1 DUD USB, 1 meja berukuran besar, 2 speaker aktif, 1 kursi putar, dan beberapa alat kebersihan ruangan.

Laboratorium Bahasa di MA Sumber Bungur memiliki struktur organisasi yang ditetapkan oleh Kepala Madrasah dan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Laboratorium Bahasa di MA Sumber Bungur bekerja dibawah kordinasi kepala lab dan anggotanya.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penyusunan program laboratorium bahasa adalah, untuk memberikan pedoman atau acuan dalam memberikan pelayanan guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran, juga memberikan arahan kepada siswa untuk belajar mandiri dalam proses penemuan konsep alam, meningkatkan motivasi dan inovasi dalam belajar, serta melatih siswa dalam bersikap ilmiah, kritis, dan inovatif.

Pemamfaatan laboratorium bahasa di MA Sumber Bungur untuk peraktik diatur sesuai dengan jadwal mata pelajaran bahasa untuk masing-masing kelas. Jika terdapat jadwal yang bersamaan, maka akan dilakukan kordinasi bersama guru dan pengelola laboratorium.

Laboratorium IPS

Laboratorium IPS MA Sumber Bungur  berdiri seiring  dengan berdirinya MA Sumber Bungur yang berlokasi di jalan Pontren Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Gedung lab. IPS MA Sumber Bungur ditempatkan dilantai 3 bersamaan dengan lab. fisika, kimia, dan ruang kesenian.

Laboratorium IPS adalah pusat kegiatan belajar mengajar bidang studi IPS dimana keberadaannya merupakan salah satu wadah bagi guru untuk mewujudkan kompetensi pedagogik. Pengelolaan lab. ips dilakukan dengan pengembangan materi materi berbasis lab., mengembangan model pembelajaran berbasis llab., dan pembuatan hasil praktek berbasis lab. untuk menunjang kegiatan belajar mengajar lebih berinovasi.

FASILITAS RUANG LABORATORIUM IPS

    1. Luas ruangan 8×7 m2
    2. bangku siswa, meja praktek, dan lemari alat praktek
    3. alat praktek
    4. alat kebersihan
    5. hasil praktek siswa

VISI MISI LABORATORIUM IPS

Visi 

Terwujudnya laboratoium ips yang maju berdedikasi dalam menciptakan madrasah berkualitas hebat bermartabat.

Misi 

  1. Menyelenggarakan kegiatan penunjang pendidikan untuk menghasilkan siswa IPS yang inovatif
  2. Meningkatkan prestasi siswa ips melalui pembelajaran dan bimbingan berbasis lab. ips
  3. Melengkapi alat alat praktek untuk mencapai standart optimal
  4. Meningkatkan pengelolaan lab. ips yang berinovatif

TUJUAN

melaksanakan praktikum yang menunjang kegiatan pembelajaran yang menyenagkan untuk siswa pada rumpun mapel ips

TATA TERTIB PENGUNJUNG

  1. Mengisi daftar hadir yang disediakan
  2. Pengunjung dilarang :
  3. membawa masuk tas, jaket atau yang sejenis ke dalam lab. ips
  4. membawa makanan dan minuman ke ruang baca perpustakaan
  5. memakai sandal jepit, topi ke dalam lab. IPS
  6. Bersikap dan berpakaian sopan, menjaga ketertiban dan keamanan
  7. Bersedia mentaati semua peraturan yang berlaku dilab. IPS

TATA TERTIB PENGGUNAAN LAB. IPS

  1. Pengguna laboratorium adalah guru dan siswa
  2. Jenis-jenis kegiatan bagi pengguna internal dan kegiatan lain yang mendukung proses pembelajaran
  3. pengguna mengajukan permohonan penggunaan laboratorium menggunakan formulir yang disediakan Laboran dan disetujui Kepala Laboratorium
  4. Pelayanan Praktikum di Laboratorium ditentukan sesuai jadwal yang diajukan dan telah disetujui.
  5. Jadwal kegiatan praktikum diajukan oleh guru maksimal 3 hari sebelum tanggal penggunaan yang direncanakan.
  6. Bagi kegiatan di luar praktikum, pengguna mengajukan permohonan penggunaan laboratorium maksimal 1 minggu sebelum tanggal penggunaan yang direncanakan
  7. Pengguna eksternal mengajukan surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Madrasah dan apabila disetujui akan dilanjutkan ke Kepala Laboratorium
  8. Setelah izin diberikan, pengguna mengisi buku penggunaan laboratorium yang disediakan Laboran.
  9. Selanjutnya laboran menyusun data penggunaan laboratorium berupa data pengguna, waktu penggunaan laboratorium, serta biaya (jika ada).
  10. Pengguna wajib menjaga inventaris laboratorium dengan baik selama penggunaan, apabila terjadi kerusakan pengguna mengganti dengan inventaris serupa .
  11. Pengguna wajib membersihkan dan merapikan kembali inventaris yang digunakan setelah praktikum ke tempat yang telah disediakan.
  12. Dilarang membawa alat / invertaris laboratorium tanpa izin Kepala, Laboran Laboratorium
  13. Jam pelayanan laboratorium adalah 07.00- 12.00 WIB

STRUKTUR ORGANISASI MADRASAH

TENAGA KEPENDIDIKAN

Tenaga kependidikan berdasarkan rekrutmen riil dari Tenaga Pendidikan yang ada sesuai dengan persyaratan program layanan SKS (Sistem Kredit Semester) dengan rincian tugas sebagai berikut ;

KEPALA MADRASAH

  1. Bertanggung jawab terhadap kelancaran program layanan SKS (Sistem Kredit Semester)
  2. Secara periodic mengadakan kordinasi dengan pelaksana program layanan SKS (Sistem Kredit Semester) untuk merumuskan kebijakan-kebijakan yang akan ditempuh
  3. Memonitor secara terus-menerus pelaksanaan kegiatan program layanan SKS (Sistem Kredit Semester)
  4. Melakukan evaluasi kegiatan program layanan SKS (Sistem Kredit Semester)

KOMITE MADRASAH

  1. Membantu madrasah dalam kegiatan sosialisasi tentang program layanan SKS (Sistem Kredit Semester) kepada orang tuia / wali siswa dan masyarakat
  2. Memberi masukan atau usulan kepada madrasah untuk kelancaran program layanan SKS (Sistem Kredit Semester)
  3. Membantu pengadaan peralatan dan kelengkapan pembelajaran di kelas

WAKA KURIKULUM

  1. Bersama ketua program menyusun jadwal kegiatan program layanan SKS (Sistem Kredit Semester)
  2. Sebagai supervisor untuk kelancaran kegiatan program layanan SKS (Sistem Kredit Semester) yang berkaitan dengan kegiatan kurikulum.
  3. Menyusun jadwal pelajaran khusus untuk program layanan SKS (Sistem Kredit Semester) dan menyediakan tenaga pengajar program layanan SKS
  4. Memonitor kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan:
  5. Kegiatan pembelajaran
  6. Kegiatan perbaikan pengayaan
  7. Kegiatan evaluasi
  8. Mengatur dan menyelesaikan administrasi yang berhubungan dengan kegiatan ulangan akhir semester ataupun kegiatan ujian yang lain.

WAKA KESISWAAN

  1. Bersama pelaksana program layanan SKS (Sistem Kredit Semester) melaksanakan seleksi siswa yang akan diikutsertakan dalam program layanan SKS.
  2. Membantu para siswa dalam kegiatan non akademis (kegiatan ekstrakurikuler)
  3. Memonitoring penggunaan sarana dan prasarana.

WAKA HUMAS

  1. Menghimpun data-data dan informasi yang berkaitan dengan program layanan SKS (Sistem Kredit Semester).
  2. Menyiapkan dan melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang program layanan SKS (Sistem Kredit Semester)

KETUA PROGRAM

  1. Bersama waka kurikulum dan pelaksana program layanan SKS (Sistem Kredit Semester) menyusun jadwal kegiatan.
  2. Bersama Waka Kesiswaan menyusun strategi pengelolaan input.
  3. Melakukan koordinasi yang berkaitan dengan kegiatan program layanan SKS (Sistem Kredit Semester)
  4. Bersama Waka Kurikulum, pelaksanaan program layanan SKS (Sistem Kredit Semester) dan kordinator mata pelajaran untuk merencanakan dan melakukan pengembangan profesionalisme guru program layanan SKS
  5. Memonitor secara terus-menerus pelaksanaan kegiatan program layanan SKS (Sistem Kredit Semester) yang berkaitan dengan:
  6. Kehadiran peserta didik
  7. Tata tertib dan kedisiplinan peserta didik
  8. Kegiatan pembelajaran
  9. Kegiatan perbaikan dan pengayaan
  10. Hasil belajar peserta didik.
  11. Membantu Kepala Madrasah dalam hal berkoordinasi dengan orang tua/wali siswa peserta program layanan SKS (Sistem Kredit Semester).
  12. Secara periodik membuat laporan hasil belajar peserta didik kepada orang tua/wali siswa.

SEKRETARIS

  1. Bersama Waka Kurikulum dan ketua program mempersiapkan kurikulum dan tenaga pengajar program layanan SKS (Sistem Kredit Semester).
  2. Bertanggung jawab dalam pengadaan;
  3. Paket pembelajaran (Modul, Work Sheet dan LKS)
  4. Media pembelajaran
  5. Bahan-bahan perbaikan dan pengayaan.
  6. Format-format yang berkaitan dengan laporan hasil belajar, target kurikulum dan daya serap.
  7. Mengkoordinasikan pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan.
  8. Menerima penyerahan target kurikulum dan daya serap
  9. Ikut membantu memonitor kelancaran pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

BENDAHARA

Bersama pelaksanaan program dan kepala madrasah:

  1. Merencanakan program keuangan pada pos tertentu sesuai dengan program yang telah ditetapkan.
  2. Mengatur sirkulasi keuangan berdasarkan kebutuhan program
  3. Memberikan laporan secara berkala kepada penanggung jawab program untuk selanjutnya diteruskan kepada Kepala Madrasah.

BIMBINGAN KONSELING

Membantu Kepala madrasah dalam kegiatan-kegiatan:

  1. Menyusun program pelaksanaan BK.
  2. Melakukan koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi siswa khususnya tentang kesulitan belajar.
  3. Memberikan layanan, bimbingan dan pertimbangan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar.
  4. Memberikan saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang pemilihan program lanjutan Pendidikan dan laporan pekerjaan yang sesuai.
  5. Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut BK.
  6. Menyusun laporan pelaksanaan BK.
  7. Kerjasama dengan wali kelas dalam menangani statistic nilai siswa.
  8. Mendata dan membuat grafik tentang input dan output sekolah.

WALI KELAS/PEMBIMBING AKADEMIK

Kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan:

  1. Penyelenggaraan administrasi kelas.
  2. Penyusunan atau pembuatan statistic bulanan siswa (grafik, nilai, absensi).
  3. Pengisian daftar kumpulan nilai siswa (leger).
  4. Pembuatan catatan khusus tentang siswa dan penangannya.
  5. Pengisian dan penyerahan laporan hasil belajar siswa.

Bersama BK melakukan layanan bimbingan terhadap siswa.

JENIS EKSTRAKURIKULER

  1. KTI (Karya Tulis Ilmiah) / FLP (Forum Lingkar Pena)

Program ini diperuntukkan bagi siswa yang ingin mangembangkan bakat dan minatnya di bidang literasi. Mereka diharapkan mampu menghasilkan karya tulis yang bermanfaat bagi dirinya, lingkungannya secara pribadi dan bahkan masyarakat luas pada umumnya.

  1. Pramuka & Kesehatan

Organisasi kepemudaan yang diharapkan mampu membentuk jati diri siswa yang disiplin, bertanggung jawab, dan peduli terhadap agamanya, negaranya, serta lingkungannya. Kegiatan ini diharapkan bermanfaat banyak bagi masyarakat. Mampu memberikan ide – ide membangun bagi diri dan lingkungannya.

  1. Forkis (Forum Kajian Islam)

Forum ini diisi dengan kajian – kajian ke-Islaman. Pemahaman ke Islaman ini sangatlah penting ditanamkan pada diri siswa sedini mungkin dan sesering mungkin sehingga mereka tidak akan sekali – kali melupakan jati diri mereka dan tujuan kehidupan mereka. Yaitu hanya semata-mata untuk beribadah.

  1. Robotika

Kegiatan kesiswaan ini dapat didikuti oleh siswa yang memiliki minat dibidang technology. Mereka diharapkan mampu mengembangkan potensi – potensi yang ada pada diri mereka dibidang robotic sehingga mereka mampu bersaing dalam event – event penting baik tingkat Lokal, Nasional atau bahkan International.

 

  1. Seni Kaligrafi

Siswa yang menyenangi keindahan dalam tulisan Arab, mereka dapat memperdalam pengetahuan mereka melalui kegiatan seni kaligrafi sehingga mereka diharapkan mampu menghasilkan karaya – karya yang dapat dinikmati oleh semua kalangan.

  1. Catur

Kegiatan keolahragaan ini diadakan tidak lain untuk menampung bakat minat siswa yang menekuni atau mumpuni dalam olah raga catur, yang bertujuan bisa berpartisipasi dalam ajang perlombaan dibidang catur.

  1. Pencak silat

Olahraga pencak silat merupakan seni bela diri tradisional asli produk Kepulauan Nusantara. Olahraga ini juga tersebar dan dikenal luas di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Filipina Selatan, dan Thailand Selatan.

Adapun pencak silat yang saat ini kita kenal merupakan pengembangan dari bela diri alami dari nenek moyang kita. Untuk keperluannya dalam menghadapi kondisi alam dan bertahan hidup, mereka mengambil inspirasi bela diri dari gerakan binatang yang ada di dekat mereka. Sebut saja gerakan kera, harimau, burung elang, dan ular. Namun, tidak menutup kemungkinan juga inspirasi tersebut didapatkan untuk keperluan berburu dan berperang.

Seorang ilmuwan sekaligus ahli beladiri asal Jepang, Donald Frederick “Donn” Draeger, menyebutkan bahwa bukti seni bela diri sudah ada sejak jaman Hindu-Budha di Kepulauan Nusantara dapat ditemukan pada artefak-artefak senjata. Tidak hanya itu, ditemukan pahatan relief-relief di Candi Prambanan dan Candi Borobudur yang menggambarkan posisi kuda-kuda silat. Dalam bukunya yang berjudul Weapons and fighting arts of Indonesia, Draeger menyebutkan, bagi nenek moyang Indonesia, bela diri silat dan senjata memiliki kaitan yang sangat erat. Pasalnya, selain untuk keperluan olah tubuh, keduanya memiliki arti spiritual yang tertanam dalam kebudayaan Indonesia. Olah raga ini dimadarasah Sumber Bungur cukup banyak diminati siswa, bahkan tidak sedikit yang berprestasi diajang ajang kompetisi pencak silat

  1. Atletik

Lari adalah salah satu cabang olahraga atletik yang banyak disukai. Salah satu jenis lari adalah lari sprint (lari jarak pendek). Lari sprint atau lari jarak pendek adalah lari yang menempuh jarak antara 50 m sampai dengan jarak 400 m. Oleh karena itu syarat utama untuk berlari adalah kecepatan. Kecepatan dalam berlari adalah hasil dari kontraksi yang kuat dan cepat dari otot-otot yang diubah menjadi gerakan halus dan efisien dan sangat dibutuhkan bagi pelari untuk mendapatkan kecepatan tinggi. Lari diMadrasah Sumber bungur dimaksutkan untuk menampung dan menyalurkan bakat dan minat siswa dalam kegiatan atletik tersebut sehingga siswa mempunyai wadah untuk menyalurkan bakat.

  1. Volly ball

Voli adalah jenis olahraga yang bisa dilakukan segala usia, jenis kelamin, dan demografi mana pun. Karena termasuk latihan aerobik, tentu manfaat kesehatan yang ditawarkannya beragam, terutama bila dilakukan secara rutin. Di Indonesia, cabang olahraga voli merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari termasuk diMadrasah Sumber Bungur. Kegiatan keolahragaan ini juga bertujuan untuk menyalurkan bakat siswa dan siswi.

  1. Futsall

Futsal asalnya dari Bahasa Spanyol dari kata Futbol (sepak bola) serta Sala (ruangan).  Jadi  dua kata itu digabungkan maka menjadi Sepak Bola dalam ruangan (Futsal). Olahraga Futsal pertama dikenalkan di Montevideo, Uruguay tahun 1930. Oleh salah satu pelatih sepak bola asal Argentina namanya Juan Carlos Ceriani. Olahraga tersebut mendapatkan banyak perhatian dari Amerika Selatan, terutama Brasil. Keindahan permainan ini bisa dilihat sama yang diperlihatkan pemain Brasil di luar lapangan. (Bermain Sepak bola)

Tidak sama dengan Sepak Bola Olahraga Futsal dimainkan di ruang tertutup serta di tempat yang rata. Dengan ukuran lapangan yang lebih kecil serta jumlah pemain yang lebih sedikit dari Sepak Bola. Lapangan Futsal dibatasi oleh garis melainkan dengan net atau dengan suatu papan.

Cabang olah raga futsal ini diMadarasah Sumber Bungur dibentuk group atau tiem yang anggotanya dipilih dari siswa yang diseleksi oleh pembimbing olah raga tersebut.

  1. Bulu tangkis

Bulu tangkis adalah cabang olahraga yang termasuk ke dalam kelompok olahraga permainan. Olahraga bulu tangkis dapat dijadikan permainan untuk rekreasi bahkan sebagai ajang persaingan. Bulu tangkis dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan, di atas lapangan yang dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu. Lapangan bulu tangkis dibagi menjadi dua sama besar dan dipisahkan oleh net yang tergantung di tiang net yang ditanam di penggir lapangan. Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan.

Bulu tangkis diMadrasah Sumber Bungur juga tidak kalah pentingnya, yakni yang bertujuan untuk mewadahi dan sekaligus membina generasi generasi muda dalam hal ini usia siswa atau siswi Aliyah yang berpotensi dibidang olah raga perbulutangkisan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X